10 September - 3 November 2018

Pendaftaran

01 November 2018

Pengumpulan Karya

7 - 8 November 2018

Babak Akhir dan Pelaksanaan OTIK 10

8 November 2018

Pengumuman Finalis

Tentang OTIK 10

Latarbelakang

Pada dasarnya, Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sebuah bidang yang mekiliki kaitan erat dengan kehidupan manusia. Hal ini terbukti pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri untuk kehidupan manusia yang sering kali bersifat komprehensif (melibatkan berbagai aspek teknologi). Aspek-aspek yang dimaksud merupakan aspek-aspek di dunia nyata yang menjadikan teknologi sebagai salah satu cara atau media untuk menyelesaikan suatu permasalahan (problem solving), seperti aspek sosial, psikologis, ekonomi, perdagangan, pertanahan keamanan, pendidikan, organisasional, dan sebagainya. Situasi ini menyaratkan para profesional teknologi informasi untuk memiliki pengetahuan (fondasi konseptual) yang solid dan wawasan yang kompetitif.

Fondasi konseptual yang kuat dan sekaligus kemampuan untuk berpikir secara integral di bidang teknologi informasi dan komunikasi pada umumnya dapat diperoleh melalui pendidikan. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bersumber dari dunia pendidikan. Dengan kata lain dapat disebutkan bahwa pendidikan adalah faktor utama yang memberikan perubahan cara pandang dan cara hidup masyarakat.

Berpedoman dari hasil perkembangan teknologi mengakibatkan tidak sedikit instansi-instansi pendidikan swasta ataupun negeri terus meningkatkan kualitasnya untuk menciptakan generasi-generasi kompetitif yang dapat memenuhi perkembangan teknologi tersebut. Tujuan utama adanya pendidikan pada dasarnya adalah untuk menjadi sebuah wadah yang dapat membantu pemerintah untuk membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan ilmu pengetahuan yang luas (knowledge Society), termasuk di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal inilah yang melatarbelakangi Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau untuk tetap mempertahankan sebuah kegiatan tahunan yang disebut dengan Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi (OTIK).

OTIK UIN Suska Riau merupakan sebuah kegiatan tahunan Fakultas Sains dan Teknologi yang telah diselenggarakan sejak tahun 2009 dengan tujuan untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan ilmu pengetahuan yang luas (knowledge Society), khususnya pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melihat kesuksesan kegiatan dan banyaknya peminat (peserta) dengan antusias yang tinggi di tahun-tahun sebelumnya, maka penyelenggaraan OTIK di tahun ini menjadi kegiatan Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ketujuh (OTIK-10) yang ditujukan untuk siswa SMU/sederajat dan mahasiswa se-Riau. Tema yang diusulkan pada OTIK-10 ini adalah Teknologi Kreatif dan Inovative menuju Revolusi Industry 4.0” dengan harapan seluruh peserta OTIK-10 mampu berkompetisi dalam menghasilkan karya-karya TIK yang Kreatif dan Inovatif.

Tujuan Kegiatan OTIK-10

Secara umum tujuan menjadikan OTIK sebagai salah satu motivasi untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi bagi siswa-siswa SMU / sederajat dan mahasiswa se-Riau. Sehingga melahirkan designer web dan professional IT yang nantinya mampu bersaing di skala nasional dan internasional. Adapun tujuan OTIK secara khusus adalah:

  1. Meningkatkan kreativitas dan kepekaan generasi muda dalam pengembangan TIK
  2. Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi dan Sekolah menengah
  3. Mempersiapkan untuk ke perlombaan berskala nasional dan internasional


Kategori Peserta OTIK-10

Peserta yang akan mengikuti Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi kelima ini dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

  1. Pelajar SMU/ SMK/ MA/ Sederajat
  2. Mahasiswa D3/ D4/ dan S1

Jenis Lomba OTIK-10

Adapun jenis perlombaan yang akan diolimpiadekan pada OTIK-10 ini berdasarkan 2 kategori peserta olimpiade adalah:

    A. Kategori Pelajar SMU/ SMK/ MA/ Sederajat:

  • Ranking *1
  • Animasi
  • Desain Web
  • IT Networking
  • B. Kategori Mahasiswa D3/ D4/ dan S1:

  • Karya Tulis Ilmiah (sesuai tema OTIK 10)
  • Pemrograman (Java dan PHP)
  • Android Innovative Application
  • Technopreneur

OTIK 10

Kepanitiaan OTIK 10

Berikut ini susunan kepanitiaan OTIK 10

  • Dr.Drs. H. Mas'ud Zein, M.Pd. (Dekan FST-UIN SUSKA Riau)
    Pengarah
  • Dr. Alex Wenda, S.T.
    Penanggung Jawab
  • Zarnelly, S.Kom., M.Sc.
    Ketua
  • Megawati, S.Kom., M.Kom.
    Sekretaris
  • Iwan Iskandar, M.T.
    Koordinator Publikasi dan Dokumentasi
  • Yanti Dasmiyarni, S.Kom., MM.
    Koordinator Sekretariat
  • Muhammad Ihsan Hamdy, S.T., M.T.
    Koordinator Perlengkapan dan Transportasi
  • Rahmad Abdillah, M.T.
    Koordinator Acara dan Lomba
  • Arabiatul Adawiyah, S.Kom., M.Kom.
    Koordinator Konsumsi
OTIK 10